Selasa, 14 Februari 2012

HAMBATAN UDARA DAN AIR

BENDA yang bergerak di bumi harus melalui udara ( atau air). udara dan air tersusun ata molekul-molekul yang dapat menghambat gerak benda sehingga benda akan lebih sulit untuk bergerak maju. berjalan dan berlari di dalam air (dalam kolam renang atau pantai) akan lebih sulit jika dibandingkan dengan menembus angin. Molekul udara dapat menjadi MAMPAT, membuat ruang bagi benda bergerak untuk melewatinya, tetapi molekul air tidak dapat dimampatkan sehingga air memiliki hambatan yang lebih besar bagi benda yang bergerak.

jika molekul udara dan air juga bergerak, hambatan mereka akan menyebabkan benda bergerak mundur,
hal ini terjadi jika gaya hambatan lebih besar dibandingkan dengan gaya gerak maju benda melawan aliran arus sungai atau gaya angin, misalnya.

untuk memahami jenis hambatan yang dihasilkan oleh air, bayangkanlah seseorang yang terjun ke kolam renang dengan permukaan dadanya menyentuh air terlebih dahulu. bandingkan dengan seseorang yang meluncur mulus dengan posisi tubuh tegak lurus air, lebih luas, sedangkan tubuh penyelam kedua masuk ke dalam air dengan lebih mudah. hal ini terjadi karena hanya sebagian kecil tubuhnya yang terpengaruh oleh hambatan air.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar